Kabag Ops Polres Kapuas Harapkan Tidak Ada Lagi Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 September 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kabag Ops Polres Kapuas AKP Iqbal Sengaji mengharapkan tidak ada lagi warga yang menjadi pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Iqbal mengatakan, saat musim kemarau panjang dan status sudah siaga darurat karhutla ini, dilarang membakar hutan dan lahan. Mengingat dampaknya yang dirasakan seluruh masyarakat.

"Kami berharap dengan penindakan yang sudah dilakukan ini, tidak ada lagi pelaku lainnya yang membuka lahan dengan cara dibakar," kata Iqbal Sengaji saat rilis pelaku karhutla, Rabu, 11 September 2019.

Dia mengatakan, saat ini total penindakan ada enam tersangka untuk Polres Kapuas dan jajaran. "Nanti kita akan rilis kembali," lanjut dia.

Selain itu, menurut dia Polres Kapuas dan polsek jajaran sejak Januari sudah menggelorakan upaya pencegahan. Agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Baik itu lewat sosialisasi, imbauan, dan spanduk juga sudah kami sampaikan. Termasuk juga para kapolsek tidak henti-hentinya turun ke lapangan menyambangi masyarakat untuk mencegah karhutla," tuturnya.

Jadi, kecil kemungkinan saat ini masyarakat tidak mengetahui akibat dan dampak dari membuka lahan dengan cara membakar. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru