Kebakaran Lahan Dekati Areal Bandara Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 September 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan kembali terjadi di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Kali ini kebakaran tersebut merambat hingga mendekati areal Bandara H Asan Sampit, Rabu, 11 September 2019. 

"Kebakaran lahan itu mulai menyentuh pagar bandar," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, M Yusuf. 

Ada 10 unit mobil pemadam baik itu dari bandara, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, dan helikopter water bombing diterjunan langsung melakukan pemadaman di areal tersebut. Agar kebakaran tidak masuk kawasan bandara. 

"Sejumlah mobil pemdam kebakara sudah kami kerahkan. Bahkan dari Bandara H Asan Sampit juga menerjunkan dua buah truk pemadam kebakaran," kata Yusup. 

Titik api di dekat bandara sendiri sudah mulai muncul sejak Senin, 9 September 2019 lalu. Namun karena embusan angin kencang, api terus membesar hingga puncaknya pada Selasa, 10 September 2019 malam.

"Helikopter water bombing yang sebelumnya hendak berangkat ke Kabupaten Seruyan sementara dialihkan untuk memadamkan api di lahan dekat bandara ini," terang Yusup. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru