PKK Barito Utara: Percepat Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi Melalui Program Gerakan Sayang Ibu

  • Oleh Ramadani
  • 11 September 2019 - 17:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Ketua TP PKK Barito Utara, Sri Hidayati Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan, Masdulhaq mengungkapkan bahwa Gerakan Sayang Ibu (GSI) merupakan gerakan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dilaksanakan bersama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

“Kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak, dan merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan perempuan,” jelas Masdulhaq di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Rabu 11 September 2019.

Tujuan kegiatan GSI ini untuk menurunkan angka kematian ibu karena hamil, melahirkan dan nifas serta menurunkan angka kematian bayi.

Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan ibu atau kaum perempuan mengenai Penyakit Menular Seksual (PMS).

Kemudian meningkatkan pengetahuan ibu hamil atau kaum perempuan mengenai perawatan kehamilan, proses melahirkan yang sehat, pemberian ASI eksliusif dan perawatan bayi.

“Dengan adanya penilaian ini, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan bisa mengetahui tingkat keberhasilan dan kekurangannya dalam operasional revitalisasi GSI, sehingga diharapkan apabila berhasil dapat mempertahankan keberhasilannya dan mengembangkannya. Apabila kurang berhasil maka harus dicari penyebab dan solusinya,” imbuhnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru