Kebakaran Lahan Dekat Bandara Bisa Ganggu Penerbangan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 September 2019 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebakaran lahan yang terjadi di dekat Bandar Udara (Bandara) H Asan Sampit bisa mengganggu penerbangan. Apalagi jika terjadi terus menerus dan tidak segera dipadamkan. 

"Kebakaran lahan yang terjadi di dekat bandara ini sangat mengganggu penerbangan," kata Kepala Bandara H Asan Sampit, Havandi Gusli, Rabu, 11 September 2019. 

Meskipun mengganggu, namun belum memengaruhi keberangkatan pesawat seperti tertunda. Karena jarak pandang masih bagus, dan pesawat mendarat dari arah runway 31. 

Sedangkan delay yang terjadi pada keberangkatan pesawat hari ini bukan akibat kabut asap atau kebakaran lahan dekat bandara. Namun karena keberangkatan pesawat dari lokasi asalnya sudah delay. 

Kebakaran lahan dekat bandara tersebut membuat asap sempat menutup ujung landasan bandara sebelah Barat. Beruntung saat ini, pesawat Nam Air lebih dulu berangkat.

Sedangkan, pihak Satgas Karhutla Kotim sendiri saat ini terus berupaya melakukan pemadaman. Baik melalui darat maupun udara. Hal itu dilakukan agar api segera dipadamkan dan tidak menggangu aktivitas bandara. 

"Kami akan terus berupaya melakukan pemadaman. Agar aktivitas bandara ini tidak terganggu," kata Kepala Pelaksana BPBD Kotim, M Yusuf. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru