Luasan Lahan Terbakar Dekat Bandara H Asan Sampit Capai 10 Hektare

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 September 2019 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Luasan lahan yang terbakar di dekat Bandara H Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Rabu, 11 September 2019, diperkirakan mencapai 10 hektare. 

"Itu dari perkiraan kami," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, M Yusuf.

Saat ini, pihaknya masih berjibaku melakukan pemadaman di areal tersebut. Bahkan 10 mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan, baik dari pemadam bandara maupun Satgas Karhutla Kotim. 

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Namun titik api sudah mulai muncul pada Senin, 9 September 2019 lalu. Hingga terus membesar dan hari ini sudah menjalar ke pagar pembatas bandara. 

"Awalnya api kecil saja, namun karena saat hari itu di Sampit banyak terjadi kebakaran terutama dekat pemukiman, sehingga kami tidak sempat memadamkannya," kata Yusuf. 

Akibat kebakaran lahan dekat bandara cukup mengganggu penerbangan. Kendati demikian jarak pandang masih bagus, dan pesawat mendarat dari arah runway 31.

"Sementara tidak membuat penerbangan delay, karena jarak pandang masih bagus. Pesawat yang mendarat dari arah runway 31," kata Kepala Bandara H Asan Sampit, Havandi Gusli. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru