Penerbangan Tujuan Pangkalan Bun - Sampit Batal

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 September 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penerbangan dari bandara Pangkalan Bun menuju Bandara H Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) batal. Hal itu terjadi diduga karena jarak pandang di bandara Sampit hanya 1.000 meter, akibat kabut asap. 

"Penerbangan dari PKN-SMQ diinfokan cancel (batal)," kata Kepala Bandara H Asan Sampit, Havandi Gusli, Rabu, 11 September 2019. 

Dibatalkannya penerbangan dari Pangkalan Bun - Sampit juga berdampak kepada penerbangan ke Palangka Raya. Penumpang hari ini diarahkan ke jadwal besok. 

Havandi menerangkan, saat ini jarak pandang di sekitaran Bandara H Asan Sampit 1.000 meter. Sedangkan jarak pandang ideal untuk mendarat dan berangkat yakni 2.200 meter. 

Kabut asap di areal Bandara H Asan Sampit diduga kuat akibat kebakaran lahan yang terjadi di sekitaran areal bandara. Satgas Karhutla maupun udara sudah berupaya melakukan pemadaman hingga saat ini.

"Pemadaman terus kami lakukan, baik itu menggunakan mobil pemadam kebakaran maupun water bombing dengan dua buah helikopter," kata Kepala BPBD Kotim, M Yusuf. 

Sedangkan, dari informasi yang diterima Borneonews.co.id, penerbangan Pangkalan Bun - Sampit sebenarnya sudah hendak diberangkatkan. Bahkan penumpang sudah sempat masuk ke dalam pesawat. Namun tiba-tiba ada pemberitahuan pesawat gagal berangkat. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru