Yulistra Ivo Hadiri Rakernas Dekranas di Jakarta

  • Oleh Budi Yulianto
  • 11 September 2019 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran menghadiri Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional atau Rakernas Dekranas di Ruang Serba Guna, Gedung Jendral AH Nasution, Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 10 September 2019.

Ketua Dekranasda Kalimantan Tengah ini mengatakan fokus utama dalam rakernas adalah pembahasan pada masalah Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan bagaimana penerapannya di daerah. Rakernas ini bertema "Bekerja dengan hati untuk memajukan kerajinan Indonesia,".

"Yang pasti tadi lebih menekankan pada HKI ya, karena banyak sekali mungkin di daerah kita produk yang memang di produksi terus. Kekhawatiran kita adalah nanti bisa di klaim oleh daerah lain," ucap Ivo sebagaimana mengutip MMCKalteng.

Ia menuturkan pemerintah daerah akan berupaya memfasilitasi para pengrajin di daerah untuk memberikan pemahaman mengenai HKI. Hal ini dilakukan sebagaimana instruksi dari Dekranas. 

"Kita akan melakukan sosialisasi tentunya ke seluruh kabupaten atau kota yang ada di Kalimantan Tengah mengenai agenda yang telah dibahas di Rakernas ini," ungkapnya.

Pembukaan Rakernas ditandai dengan pemukulan alat musik talempong oleh Ketua Umum Dekranas Mufidah JK, didampingi tuan rumah, Nora Ryamizard Ryacudu dan Erni Tjahjo Kumolo. 

Dalam kesempatan itu Ketua Umum Dekranas Mufidah JK berharap penyelenggaraan Rakernas tahun ini akan menjadi momentum bagi pengembangan kerajinan nasional di Indonesia. (BUDI YULIANTO/ADV/B-6)

Berita Terbaru