Sukamara Berupaya Eliminasi Penyebaran HIV, Sifilis dan Hepatitis B

  • Oleh Norhasanah
  • 11 September 2019 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara berupaya mengeliminasi penyebaran penyakit HIV, Sifilis dan Hepatitis B.

"Kalau sudah eliminasi, berarti tingkat penyebaran penyakit hampir tidak ada lagi dan kita berusaha agar Sukamara bisa mengeliminasi tiga penyakit ini," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sukamara, Achamd Yani, Rabu, 11 September 2019.

Yani menjelaskan sesuai Permenkes 52 Tahun 2017 mulai 2018 dan 2019 adalah untuk eliminasi terbuka.

Kemudian 2020 dan 2021 adalah untuk praeliminasi, sedangkan eliminasinya mulai dari 2023 sampai 2025 untuk pemeliharaan.

"Mudah-mudahan dengan apa upaya yang telah dilaksanakan, apa yang menjadi harapan kita Indonesia khsusnya dj wilayah kita sudah tidak ada lagi penularan penyakit ini," harapnya.

Dalam Triple Elimination HIV, Sifilis dan Hepatitis B, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara mentargetkan 60 ibu hamil mengikuti pemeriksaan tersebut.

"Saat ini jumlah ibu hamil yang hadir berpartisipasi dalam kegiatan ini cukup banyak, saya mengharapkan agar peserta yang hadir saat ini bisa menginformasikan kepada ibu hamil lainnya untuk memeriksakan diri," harapnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru