Perjuangan RA Kartini tentang Emansipasi Perempuan Layak Ditiru Srikandi Polisi

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 11 September 2019 - 22:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini masih terus relevan sepanjang masa. Perjuangannya tentang emansipasi perempuan layak ditiru oleh para perempuan umumnya dan para srikandi polisi khususnya.

Hal ini disampaikan Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Ilham Salahudin, Rabu, 11 September 2019.

"Perjuangan RA Kartini harus bisa ditiru dan dihidupi oleh para Srikandi polisi Polda Kalteng. Jadilah Kartini-Kartini yang lain di zaman ini," ujar Kapolda pada acara ulang tahun Polwan yang ke - 71.

Ia menuturkan, menjadi Kartini masa kini berarti harus bertekad kuat dan teguh menghidupkan semangat emansipasi perempuan dalam berkarya, khususnya di lembaga kepolisian.

Polwan yang bisa menghidupkan semangat Kartini di tengah kemajuan zaman ini adalah mereka yang hebat dan patut diapresiasi.

"Jadi RA Kartini zaman sekarang itu butuh komitmen kuat. Tidak hanya kemampuan fisik tetapi juga intelektual," jelas Kapolda.

Jangan takut untuk mengembangkan diri, baik fisik maupun intelektual sesuai dengan bakat dan kemampuan.

Meski begitu, Kapolda juga meminta dan berharap para Srikandi di Polda Kalteng tidak meninggalkan kodrat sebagai perempuan. Sebagai istri bagi suami dan ibu bagi anak-anak. 

"Kodrat sebagai perempuan harus tetap dipertahankan. Baik sebagai istri maupun sebagai ibu. Itu baru pribadi yang seimbang," tegasnya. (ARNOL/B-3)

Berita Terbaru