Sekda Kalteng Fahrizal Fitri Ajak Umat Muslim Gelar Salat Istiqo

  • Oleh Budi Yulianto
  • 11 September 2019 - 23:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengajak umat muslim di Kalimantan Tengah menggelar salat Istisqo, memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, agar segera diturunkan hujan. 

Ajakan ini ia sampaikan lantaran kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan atau karhutla terasa semakin pekat. Kabut asap tidak hanya muncul pada pagi hari, tapi juga siang, sore, malam, dan seterusnya. 

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan salat Istisqo supaya diberikan hujan," ujar Sekda, Rabu, 11 September 2019.

Soal modifikasi cuaca atau hujan buatan, Sekda menyebut pemprov sebenarnya telah mengajukan ke pemerintah pusat. Hanya, belum ada jawaban.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan bahwa Pemprov Kalteng kembali mengajukan bantuan helikopter water bombing ke pemerintah pusat. Total yang diajukan 4 unit. Sedangkan yang ada saat ini adalah 8 unit, 2 di antaranya untuk patroli. 

Terkait salat Istisqo, sebagian umat muslim di Kalteng telah melaksanakannya. Sekda berharap, bencana kabut asap segera berakhir sehingga masyarakat bisa kembali menghirup udara segar. (BUDI YULIANTO/ADV/B-3)

Berita Terbaru