Gerakan Sayang Ibu Bantu Tingkat Kualitas Kesehatan Bagi Ibu Hamil

  • Oleh Norhasanah
  • 12 September 2019 - 09:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPP-PA) Sukamara, Aji Nugraha mengatakan, Gerakan Sayang Ibu (GSI) membantu meningkatkan kualitas kesehatan bagi ibu hamil.

"Dengan adanya GSI ini dapat membantu peningkatan kualitas kesehatan ibu hamil dan 1000 hari pertama kehidupan," ucap Aji Nugraha, Kamis, 12 September 2019.

Aji berharap, melalui GSI tersebut, maka angka kematian ibu dan bayi di Bumi Gawi Barinjam bisa terus menurun, mengingat gerakan saya ibu adalah upaya dalam peningkatkan kualitas permpuan di Kabupaten Sukamara.

Sementara itu, Tim Pokja Gerakan Sayang Ibu (GSI), Denny Vira Sari mengatakan, pihaknya sangat membutuhkan keterlibatan masyarakat dalam menekan kasus kematian ibu dan anak, dengan cara memberitahukan kepada petugas apabila adanya ibu hamil.

"Kalau ada ibu hamil yang tidak pernah memeriksakan diri kepuskesmas sehingga lepas dari pengawasan kita, diharapkan bisa dilaporkan kekita," harap Denny Vira Sari.

Lanjutnya, dengan adanya laporan dari masyarakat, maka pihaknya bisa melakukan pengecekan dan memberikan solusi agar melahirkan dengan bidan dan difasilitas kesehatan.

"Jangan risaukan biaya, dipuskesmas melahirkan sudah gratis, pasien berhak memilih untuk melahirkan dimana sesuai kondisi dan keinginan siibu," tuturnya.

Selain itu, Denny juga meminta peran serta keluarga yang bisa mengajak siibu untuk melahirkan difasilitas kesehatan, mengingat apabila terjadinya sesuatu terhadap siibu, maka penangan bisa dilakukan dengan cepat mengingat lengkapnya alat yang dimiliki. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru