Pihak Kecamatan Mendawai Bagi Masker di Pelabuhan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 September 2019 - 10:34 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jajaran Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan bersama UPTD Kesehatan Mendawai dan Puskesmas membagikan ribuan masker gratis di Pelabuhan Mendawai, Kamis, 12 September 2019.

Selain di pelabuhan, pembagian masker juga dilakukan di sekolah-sekolah dan rumah warga.

Sekretaris Kecamatan Mendawai, Purwoko memgatakan, kegiatan pembagian masker secara gratis untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Mendawai ini untuk membantu masyarakat agar tidak banyak terserang penyakit inspeksi saluran pernapasan atau ISPA.

Selain itu juga untuk mengurangi dampak asap yang disebabkan kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Kecamatan Mendawai.

Untuk itu, kata Purwoko, Pemerintah Kecamatan Mendawai, melalui Puskesmas Mendawai mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mengurangi kegiatan di luar rumah ketika terjadi asap pekat.

Dan apabila memang terpaksa melakukan kegiatan di luar rumah agar dapat menggunakan masker untuk melindungi pernapasan.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Mendawai agar seluruh masyarakat bekerja sama dalam hal pemadaman karhutla, karena ini bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah semata, tetapi juga adalah tanggung jawab  semua masyarakat," tambanya. 

Purwoko juga mengaku, hingga sejauh ini masyarakatnya sudah banyak yang terkena penyakit Ispa. Pasalnya, sejauh ini kabut asap juga muncul di wilayah Kecamatan Mendawai, terutama di pagi hari. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru