DPRD Barito Utara: Generasi Muda Jangan Malu Lestarikan Kebudayaan Daerah

  • Oleh Ramadani
  • 12 September 2019 - 11:08 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Anggota DPRD Barito Utara Muhammad Haris Fitriady mengimbau generasi muda tidak malu melestarikan kebudayaan daerah.


Dirinya tak mengelak bahwa para generasi muda khususnya di Kabupaten Barito Utara masih terlihat kurang peduli dengan kebudayaan yang ada di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini.

Untuk itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama kaum millineal untuk bersama-sama melestarikan kebudayaan sendiri.

“Jangan sampai kebudayaan yang ada didaerah dilupakan hingga menjadi sebuah kenangan dan menjadi cerita belaka dimasa akan datang. Pemuda harus lebih semangat lagi dalam mempelajari tentang kebudayaan, jangan sampai punah. Mari kita bersama-sama mencintai dan melestarikan kebudayaan yang ada didaerah ini,” kata anggota DPRD Barito Utara termuda ini, Kamis 12 September 2019.

Pria kelahiran 1996 ini merasa miris melihat keadaan para gererasi muda didaerah sekarang ini. Lain halnya di daerah luar yang menjunjung tinggi adat serta kebudayaannya. Seperti halnya di pulau Dewata Bali.

“Masyarakat disana luar biasa kecintaannya terhadap kebudayaannya sendiri, bahkan bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun ikut serta mempelajari adat dan kebudayaanya.Namun sebaliknya sungguh di sayangkan sekali kadang-kadang di daerah kita ini khususnya para generasi muda tidak begitu peduli untuk belajar dan mempelajari kebudayaan-kebudayaan ditempat sendiri,” ujarnya.

Harris mengajak generasi muda mulai saat ini lebih semangat, lebih giat dan lebih mencintai adat serta kebudayaan daerah.

“Karena kebudyaan dan adat istiadat kita di Barito Utara ini beragam dan unik, untuk itu, diharapkan kepada seluruh generasi muda jangan malu dengan kebudayaan sendiri, marilah bersatu untuk meningkatkan kebudayaan kita. Jangan sampai punah, mari lebih bersinergi lagi dan lebih semangat lagi untuk memperdulikan kebudyaaan yang ada di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” imbuhnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru