Warga 3 Desa di Kecamatan Teluk Sampit Minta Air Bersih 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 September 2019 - 12:38 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga di desa di Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), saat ini sangat membutuhkan air bersih. Bahkan mereka sudah mengajukan suplai air bersih ke kecamatan hingga ditembuskan kepada pemerintah daerah. 

"Hingga saat ini ada 3 desa yang mengajukan permintaan air bersih. Suratnya sudah kami serahkan ke Pemerintah Kotim, dan masih dalam proses," ujar Camat Teluk Sampit Juliansyah, Kamis, 12 September 2019. 

Desa yang mengajukan permintaan air bersih tersebut yakni Desa Basawang, Rege Lestari, dan Desa Kuin Permai. Mereka sudah mengajukan surat kepada pihak kecamatan dan diteruskan kepada pemerintah daerah. 

Hal tersebut dilakukan, karena kondisi air sumur di desa tersebut sudah kering. Sedangkan air sungai anak Sungai Mentaya sudah terasa asin. Sehingga kebutuhan air untuk cuci dan mandi sangat minim saat ini. 

"Air yang tersedia di rumah-rumah warga hanya tersisa untuk minum dan masak, sehingga mereka saat ini butuh air bersih untuk cuci dan dan mandi serta kebutuhan lainnya," kata Juliansyah. 

Sementara, desa lainnya saat ini masih belum mengajukan permintaan. Kemungkinan besar karena stok air bersih mereka masih banyak. Namun jika kemarau terus berlangsung, bukan tidak mungkin sejumlah desa lainnya juga mengajukan permintaan. 

Selain itu, ada juga desa yang memiliki sumur bor, sehingga warga menggunakan air tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih dilingkungan mereka. 

"Seperti Desa Lempuyang, mereka sudah memiliki sumur bor. Sehingga air tersebut yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," terang Juliansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru