DPRD: Pemkab Kapuas Harus Perhatikan Pengairan Pertanian di Tamban Catur

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 September 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Anggota DPRD Kapuas, Kunanto mengharapkan kondisi pengairan atau ketersediaan air di lahan pertanian di wilayah Kecamatan Tamban Catur menjadi perhatian pemerintah kabupaten (Pemkab) agar hasil panen padi petani optimal.

Karena itu Politisi Partai NasDem ini meminta kepada Pemkab Kapuas melalui instansi terkait bisa memperbaiki 2 embung air di wilayah kecamatan tersebut sehingga aktif.

"Karena pentingnnya pengairan di lahan pertanian warga, terutama musim kemarau ini bisa menggunakan embung sebagai sumber air untuk sawah," ucap Kunanto, Kamis 12 September 2019.

Dia menjelaskan terkait 2 kolam embung di wilayah kecamatan itu dibangun pada masa transmigrasi dulu, sehingga sekarang sudah mengalami kerusakan atau tidak bisa digunakan lagi.

"Itu karena tersumbatnya saluran, menyebabkan air pasang surut tidak bisa masuk dan keluar. Dan apabila setelah kemarau panjang kemudian hujan turun maka zat asam bisa naik," katanya.

Untuk itulah dia kembali mengharapkan pemerintah daerah dapat memperhatilan hal itu, diantaranya bisa dengan memperbaiki embung atau kolam di Kecamatan Tamban Catur. "Sehingga volume air stabil dan produksi panen meningkat," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru