Pelaporan Penting dan Berhubungan dengan Public Money

  • Oleh James Donny
  • 12 September 2019 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pelaporan keuangan merupakan hal yang sangat penting dan berhubungan dengan public money.

Demikian disampaikan Fitria Hustarina kepada awak media seusai menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan pelaporan keuangan kepada pengelola keuangan Unit Pelayanan Jasa Alsintan atau UPJA di aula Dinas Pertanian Pulang Pisau, Kamis, 12 September 2019.

"Apapun yang ada hubungannya dengan public money itu harus ada pelaporan," katanya.

Perempuan bergelar doktor yang juga dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya ini mengatakan, pelaporan tersebut dilakukan, baik dalam sisi sistem akuntansi pemerintahan maupun sistem akuntansi yang memang basisnya sosial atau privat.

"Itu semua ada pelaporannya. Kemudian apakah ada payung hukum yang menjadi pressure. Ini kembali lagi ke sistem, atau apakah mentor yang akan dilakukan oleh dinas itu kemudian menjadi evaluasi. Kalau pelaporan keuangan tersebut bisa menjadi evaluasi, yang kemudian dapat membeli alat baru, itu akan lebih baik," ujarnya.

Artinya, lanjut Fitria, pelaporan keuangan yang baik akan menciptakan nilai dari alat (uang) yang kemudian punya velue berikutnya. "Jadi tidak hanya menghasilkan input, tetapi output juga ada," jelasnya.

Fitria mengatakan, sebagai pihak yang bergerak dalam inklusi keuangan, dirinya hanya memberikan edukasi bagaimana kemudian unit, UKM, instansi, bisa mempunyai pelaporan yang baik.

"Pelaporan yang baik mencerminkan history kita bisa mengambil keputusan dalam informasi," pungkasnya.(JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru