Anggota DPRD Imbau Masyarakat Buat Terobosan Baru untuk Jadi Peternak

  • Oleh Naco
  • 12 September 2019 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Khozaini mendorong masyarakat membuat terobosan baru untuk menjadi peternak.

Baik itu ternak sapi, ayam, maupunlain. Sebab permintaan atau kebutuhan dalam daerah cukup tinggi sehingga selama ini selalu mendatangkan ternak dari luar daerah.

Menurut Khozaini, selama ini pasokan daging di Kotim sangat bergantung dari luar daerah. Padahal peluang itu bisa dikerjakan masyarakat lokal.

"Bisa dilakukan jika didorong oleh pemerintah kabupaten melalui kelompok tani sebagai pilot project," kata Khozaini, Kamis, 12 September 2019.

Ia menyebutkan, masalah utama dalam usaha sapi potong yang sering dihadapi peternak adalah minimnya ketersediaan pakan berkualitas. 

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan mencoba mengembangan sistem integrasi sapi ke sawit.

"Sehingga diharapkan keterbatasan akan pakan ternak dapat dipenuhi dari pengelolaan limbah sawit," tandasnya.

Program sawit-sapi yang diintergrasikan bisa menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru yang mestinya jadi garapan anyar dan sangat menjanjikan serta memang harus digalakan dan diberdayakan secara maksimal.(NACO/B-3)

Berita Terbaru