Besok, Bupati Katingan Pimpin Jumat Beriman Pencegahan Karhutla di Desa Jahanjang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 September 2019 - 20:56 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas dijadwalkan memimpin kegiatan gerakan Jumat bersih indah dan nyaman atau Jumat beriman dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang, Jumat 13 September 2019 besok.

Kabag Humas dan Informasi Setda Katingan, Lusen, Kamis 12 September 2019 mengatakan jika kegiatan Jumat beriman besok itu difokuskan untuk membantu pemadaman Karhutla.

"Sebab di wilayah ini sudah beberapa hari terakhir terjadi Karhutla, makanya Jumat beriman besok itu difokuskan untuk pemadaman di sana," sebutnya.

Saat ini Pemkab Katingan telah mengeluarkan surat edaran yang ditandatangani Sekda dalam rangka pengendalian Karhutla di Desa Jahanjang.

Berkenaan dengan gerakan Jumat beriman besok itu bupati akan memimpin langsung kegiatan itu. Ada 5 poin intruksi surat edaran ini yaitu mengintruksikan kepada semua kepala satuan organisasi perangkat daerah beserta staf laki-laki sebanyak 10 orang untuk mengikuti gerakan Jumat beriman besok.

Kemudian agar hasil optrimal, diintruksikan kepada kepala SOPD mengkoordinir staf dengan membawa peralatan pemadaman api seperlunya dan membawa kendaraan.

Koordinator kegiatan Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Penanganggulangan Bencana Daerah agar membawa konsumsi berupa air minum dan makanan lokal.

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan agar membawa 1 unit truk tangki air atau penyiram air. Terakhir agar perwakilan SOPD membuat daftar hadir dan dikumpulkan melalui petugas Dinas Lingkungan Hidup.

"Besok pukul 06.30 WIB perwakilan SOPD bisa berkumpul di di kantor Bupati Katingan, selanjutnya bersama menuju lokasi kegiatan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru