Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukoharjo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan, PNS dan TNI/Polri Gotong Royong Padamkan Api

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 September 2019 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas bersama puluhan pegawai negeri sipil atau PNS serta TNI/Polri gotong royong padamkan api di lahan terbakar di Desa Jahanjang Kecamatan Kamipang, Jumat, 13 September 2019.

Bupati memang sebelumnya meminta agar kegiatan Jumat beriman hari ini difokuskan untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan, hingga kemudian Sekda Katingan Nikodemus menyurati SOPD yang ada untuk mengirimkan perwakilannya laki-laki 10 orang per SOPD untuk ikut Jumat beriman memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang dipusatkan di Desa Jahanjang ini.

Selain para PNS, tampak ikut serta dalam pemadaman api ini Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit di Kasongan. Mayor Inf Dedy Marwanto,

Lainnya jajaran Polsek Tasik Payawan dan Kamipang serta Satpol PP. Juga ada tim gabungan pencegahan Karhutla yang dibentuk BPBD Katingan termasuk masyarakat peduli api.

Selain lahan terbakar tepi jalan arah Baun Bango - Kereng Pangi, kegiatan Jumat beriman ini juga melakukan pemadaman di sejumlah titik api di wilayah Desa Jahanjang.

Bupati Katingan Sakariyas bersama Perwira Penghubung Kodim 1015 Sampit di Kasongan Mayor Inf Dedy Marwanto terjun langsung berbaur dengan tim pemadam kebakaran untuk memadamkan api di lahan terbakar.

Bupati mengaku prihatin dengan musim kemarau yang berkepanjangan ini. Pasalnya, kabut asap di wilayah Kalteng termasuk Kabupaten Katingan, sejauh ini sudah mengganggu aktifitas warga. Selain mengganggu transportasi darat, udara dan air, kabut asap juga dinilai membahayakan bagi kesehatan manusia, terutama anak-anak.

Untuk itu ia mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan dan hutan pada musim kemarau ini, sebab dampaknya sangat luas dan membahayakan bagi kesehatan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru