Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keluarga Berencana dan Pendidikan Langkah Penting untuk Memutus Siklus Kemiskinan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 September 2019 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Taufiq Mukri mengatakan, program keluarga berencana dan pendidikan merupakan langkah penting dalam memutus siklus kemiskinan dalam kehidupan berkeluarga. 

"Itu langkah penting dalam memutus siklus kemiskinan, baik untuk wanita maupun keluarganya," kata Taufiq, saat peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di Ikon Patung Jelawat, Jumat, 13 September 2019. 

Hal itupun harus menjadi perhatian semua pihak, paling utama yakni tersedianya akses informasi edukasi, dan komunikasi untuk kaum perempuan di Kotim ini. Baik itu terkait kesehatan reproduksi dan kontrasepsi.

Sehingga mereka bisa mengambil keputusan secara mandiri dan tepat. Seperti jadwal siap hamil atau harus menunda kehamilan. 

"Dengan terkendalinya hal itu, maka pertumbuhan penduduk semakin terkendali. Dan kemiskinan juga akan bisa diputus, karena masyarakat memiliki pendidikan yang baik," kata Taufiq. 

Dia meminta kepada masyarakat agar menjaga kesehatan selama kehamilan. Sehingga dapat melahirkan generasi baru yang berkualitas dan cerdas.

"Kami tidak melarang masyarakat memiliki anak banyak. Namun yang harus diperhatikan pendidikan dan perekonomian anak tersebut nantinya," terang Taufiq. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru