Emergency Response Palangka Raya Amankan 23 Ular dari Rumah Warga Selama 2019

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 13 September 2019 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejak Januari hingga akhir Agustus 2019, tim Emergency Response Palangka Raya atau ERP berhasil mengamankan 23 ekor ular dari dalam rumah warga Kota Palangka Raya.

"Sampai Agustus 2019 ada 23 ekor ular yang kami amankan dari dalam rumah warga di Kota Palangka Raya," beber Jean, Ketua ERP, Jumat 13 September 2019. 

Puluhan ekor ular tersebut bervariasi jenisnya. Ada King Kobra, ular kobra Jawa dan ada ular sawah. "Satu ekor King kobra, 2 ekor ular kobra Jawa dan selebihnya ular sawah," jelasnya. 

Penangkapan berbagai jenis ular ini dilakukan berdasarkan informasi dari warga dan sebagai bentuk tindakan kemanusiaan. Setelah mendapat informasi, tim langsung merespon cepat untuk mengamankan. 

"Intinya dengar ada informasi kami langsung respon cepat. Karena memang kami hadir untuk sebuah panggilan kemanusiaan apapun jenis persoalan warga. Entah itu ular dan lain sebagainya," ujarnya. 

Seusai ditangkap dengan peralatan ala kadarnya, ERP langsung menyerahkan kepada pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam(BKSDA) Kalteng untuk dilepasliarkan pada habitatnya. (ARNOL/B-6) 

Berita Terbaru