Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Kelompok Petani Ikan di Dua Kecamatan Dapat Bantuan Kolam Terpal dan Bibit Ikan

  • Oleh Ramadani
  • 13 September 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Tiga kelompok petani ikan di Kabupaten Barito Utara mendapatkan bantuan kolam terpal dan bibit ikan lele serta pakan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP).

Dari tiga kelompol petani ikan tersebut, dua di antaranya berada di Kecamatan Teweh Tengah, sedangkan satu kelompok sisanya di Kecamatan Teweh Timur.

Plt Kepala DKPP Barito Utara Sugeng, Jumat, 13 September 2019, menjelaskan bahwa pihaknya pada tahun ini akan memberikan bantuan berupa kolam terpal, bibit ikan lele, serta pakan ikan kepada kelompok petani ikan.

Bantuan ini dalam rangka menyediakan konsumsi ikan di masyarakat dan untuk meningkatkan kecerdasan bagi pertumbuhan anak. Sehingga terciptalah kecerdasan dan perkembangan otak anak.

"Ada tiga kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut, dua di Kecamatan Teweh Tengah dan satu kelompok di Desa Jamut, Kecamatan Teweh Timur," kata Sugeng.

Dalam satu kelompok ada 10 orang. Mereka nanti diberi modal untuk pengembangan usaha.

“Kolam tarpal terbuat dari besi atau penyangga dari besi dengan ukuran 3x3, ini modalnya yang mahal. Jadi kita harapkan mereka bisa mengebangkannya lewat modal yang kita berikan," ujarnya.

Sugeng juga mengatakan, bantuan akan diserahkan saat musim hujan tiba. Pihaknya pun berencana menciptkan swasembada ikan, baik di darat maupun sungai dan danau.

"Yang didarat ini kita bantu terutama pola kolam terpal ini dan di danau serta di sungai kita adakan restocking  guna melestarikan ikan agar tidak punah," bebernya.

Sugeng menyebutkan, rencana ke depan guna meningkatkan budidaya ikan di Kabupaten Barito Utara, diperlukan peningkatan budidaya ikan tangkap melalui Sungai Barito, ditambah dengan Danau Trahean, Danau Trinsing dan Danau Butong di Kecamatan Teweh Selatan. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru