Pemkab Barito Utara Komitmen Wujudkan Transparansi Laporan Keuangan

  • Oleh Ramadani
  • 13 September 2019 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Bupati Nadalsyah atau yang biasa disapa H Koyem menugaskan beberapa perangkat daerah pengelola keuangan dan sistem jaringan informatika yaitu DPKA, Bappedalitbang, Inspektorat, dan Diskominfosandi untuk segera mewujudkan Barito Utara sebagai kabupaten yang menjalankan komitmen transparansi laporan keuangan.

Pasalnya, transparansi laporan keuangan sebagai bentuk realisasi salah satu rencana aksi bersama Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) serta implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Melalui peran aktif seluruh SOPD lingkup Pemkab Barito Utara harus bersinergi dan bersama-sama mendukung serta berkomitmen untuk melaksanakan sebuah kebijakan yang ditetapkan yaitu dalam rangka pelaksanaan transparansi laporan keuangan pemerintah daerah,” kata Bupati Nadalsyah, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Diskominfosandi Barrto Utara M Iman Topik, Jumat, 13 September 2019, mengatakan petunjuk yang diberikan bupati langsung ditindaklanjuti dengan melakukan konsolidasi dan koordinasi, baik dilingkup internal maupun dengan instansi pendukung.

Diawali dengan melakukan koordinasi guna menginventarisasi dan pemetaan kesiapan SOPD.

“Dalam menjalankan dan melaksanakan petunjuk dari bupati Barito Utara, khususnya tentang transparansi laporan keuangan daerah, kita mengintegrasikan sistem laporan keuangan yang ada di setiap SOPD ke dalam satu server data,” kata Iman Topik.

Dijelaskannya, dalam mengintegrasikan laporan keuangan ini telah dibangun sebuah komunikasi bersama lembaga pemerintah pusat yaitu Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalteng, selaku instansi yang telah mempersiapkan dan mengawal terbentuknya sistem laporan keuangan Pemkab Barito Utara. Dengan membangun sebuah sistem dan aplikasi yang dapat memberikan sistem akses data secara komprehensif, cepat, tepat, dan real time. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru