Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komplek Perkantoran Pemkab Pulang Pisau Dikepung Api Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh James Donny
  • 13 September 2019 - 22:56 WIB

KORNEONEWS, Pulang Pisau - Komplek perkantoran Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau yang terletak di Jalan WA Duha, Kota Pulang Pisau, dikepung api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Jumat, 13 September 2019.

Kantor yang terkepung api yakni  DPMPTSP, Bappedalitbang, DPMD, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Inspektorat, Diperindagkop UKM, Kejaksaan, BPN, dan sejumlah kantor lainnya serta pemukiman penduduk di daerah tersebut. 

Sejauh ini belum diketahui dari mana asal api. Karhutla juga terus terjadi di sejumlah wilayah meski sudah dilakukan pemadaman, baik lewat darat maupun udara. 

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo turun langsung ke lokasi memimpin upaya pemadaman yang dilakukan oleh tim penanggulangan karhutla serta para pegawai negeri sipil. Para ASN juga berupaya menyelamatkan lingkungan kantor mereka dari kobaran api. 

Bupati menyampaikan instruksi kepada seluruh masyarakat serta para pegawai di dinas dan badan untuk tetap siaga menghadapi bencana karhutla. 

"Saya datang ke sini, mendengar ada kebakaran hutan dan lahan di daerah perkantoran, setelah melaksanakan salat Jumat, tadi," ujar Bupati. 

Ia mengimbau, masyarakat waspada karena kondisi lahan di Pulang Pisau sebagian besar adalah gambut. Sehingga mudah terbakar saat musim kemarau seperti sekarang ini. 

Bupati turut pula mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan atau membuka lahan dengan cara membakar. Karena saat ini rawan menimbulkan kebakaran hutan dan lahan. "Saya minta semua siaga untuk melakukan antisipasi," tegasnya. (JAMES DONNY/B-3)

Berita Terbaru