Tim Pemadam Karhutla Menyebar Padamkan Api di Sejumlah Wilayah Pulang Pisau

  • Oleh James Donny
  • 13 September 2019 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau- Tim pemadam kebakaran hutan dan lahan menyebar untuk memadamkan api di sejumlah wilayah di Kabupaten Pulang Pisau, Jumat, 13 September 2019.

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo turun langsung memimpin tim terebut. Ia mengatakan, pemadaman api terus dilakukan lantaran telah menyebar di banyak titik. 

Seperti di komplek perkantoran Pemkab Pulang Pisau, di Jalan WA Duha. Pemadaman di kawasan itu dilakukan oleh tim mandiri dari dinas dan badan bersama dengan MPA, serta tim gabungan Posko Karhutla Pulang Pisau.

Sedangkan Tim BPBD memadamkan api yang muncul di Desa Mantaren 1. 

Bupati Edy harap, masyarakat terus waspada karena kondisi lahan di Pulang Pisau sebagian besar adalah gambut dan akan mudah terbakar saat musim kemarau. 

Bupati turut pula mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar di lahan atau membuka lahan dengan cara membakar. Karena saat ini rawan menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

Saat ini, kata Bupati Edy, merupakan puncak dari kemarau panjang. Karenanya, masyarakat harus siaga menghadapi bencana karhutla.

Masyarakat yang akan meninggalkan hendaknya memperhatikan Iistrik serta kompor dan dipastikan semua dalam keadaan aman. 

Pengendalian karhutla hingga saat ini masih dilakukan oleh petugas Posko Karhula Pulang Pisau dan beberapa MPA, serta pemadam mandiri dari SOPD. (JAMES DONNY/B-3) 

Berita Terbaru