Tim Emergency Response Palangka Raya Tangkap Ular dengan Alat Seadanya

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 14 September 2019 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Tim Emergency Response Palangka Raya ternyata hanya menggunakan peralatan seadanya saat menangkap ular yang masuk ke rumah warga. Minimnya peralatan inilah yang sering menjadi kendala bagi anggota ERP.

"Kendala paling utama ialah kami tidak memiliki sarana dan prasarana penangkapan ular yang memadai. Sekarang masih gunakan alat seadanya,"ujar Ketua ERP Palangka Raya Jean, Sabtu, 14 September 2019.

Ia menambahkan, lantaran tidak memiliki perlengkapan penangkapan ular yang memadai, pihaknya sering kewalahan ketika menangkap ular jenis kobra.

"Paling susah dan kewalahan itu ketika tangkap ular kobra. Karena kalau tidak hati-hati sangat membahayakan anggota tim kami," ujar Jean.

Selain alat tangkap, peralatan untuk melindungi diri dari sengatan ular juga sangat terbatas. Anggota ERP bahkan tidak memiliki alat perlindungan diri. Ini tentu sangat berbahaya. 

"Jangankan alat penangkapan, sarana prasarana pribadi untuk mencegah dan menghindari terjadinya gigitan ular pada anggota juga sangat terbatas," ucap Jean. (ARNOL/B-3)

Berita Terbaru