Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Ajak Masyarakat Sadar Rabies dengan Rutin Memberi Vaksin Hewan Peliharaan

  • Oleh Norhasanah
  • 14 September 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Masyarakat Kabupaten Sukamara diajak sadar rabies. Pasalnya, penyakit yang kerap menyerang hewan peliharaan seperti anjing, kuncing, dan monyet tersebut dapat menular ke manusia.

"Ayo kita sadar rabies. Kita harus waspada terhadap penyakit ini. Akhiri penularan rabies dengan rutin memberikan vaksin kepada hewan peliharaan," ujar Kabid Peternakan DKPP Kabupaten Sukamara, Syamsir Hidayat, Sabtu, 14 September 2019.

Menurut Syamsir, pemberian vaksin bagi hewan adalah bentuk kewaspadaan terhadap masuknya penyakit bersifat zoonosis yang dibawa hewan. Yang mana selain bisa menulari hewan lainnya, juga kepada manusia.

"Kalimantan diupayakan bebas rabies pada 2025 dan penyakit zoonosis lainnya melalui surveilans penyakit eksotik dan zoonosis oleh Balai Veteriner Banjarbaru, Pusvetma Surabaya, UPT Lab Keswan dan Kesmavet Provinsi Kalteng," tuturnya.

Syamsir berharap, melalui pemberian vaksin yang rutin setiap tahun dapat mencegah terjadinya penularan dan penyebaran penyakit rabies di Kabupaten Sukamara.

"Target dari vaksinasi rabies untuk tahun ini ada 500 ekor. Ini sesuai dengan ketersediaan vaksin, mudah-mudahan tercapai," harap Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru