Masyarakat Dingatkan Hindari Anjing Sedang Marah sebab Dikhawatirkan Idap Rabies

  • Oleh Norhasanah
  • 14 September 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Masyarakat diingatkan menghindari anjing sedang marah. Sebab, dikhawatirkan ajing tersebut mengidap penyakit rabies yang bisa ditularkan kepada manusia.

"Jauhi dan hindari anjing pada saat marah. Seperti ditandai dengan memperlihatkan gigi," pesan Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara Syamsir Hidayat, Sabtu, 14 September 2019.

"Apabila tergigit segera cuci luka dengan sabun dan air mengalir selama 15 menit. Setelah itu beri krim antibiotik dan tutup luka dengan perban, segera kepuskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memeriksaan keadaan," ujarnya.

Syamsir juga memberikan tips menghadapi anjing yang sedang marah. Seperti jangan berlari ketika anjing mengejar, lebih baik diam tanpa gerak, dan bila terjatuh maka hendaknya meringkuk dan diam.

"Dekati anjing dengan tenang dan perlahan, agar dia merasa tidak terancam. Karena anjing akan menyerang bila  merasa terganggu," ujarnya.

Syamsir menambahkan, anjing yang tertular rabies memiliki sifat yang mudah marah, serta menyerang orang. Mengingat penyakit yang diidapnya membuat anjing tersebut menjadi sulit dikendalikan.

"Sehingga bila melihat anjing yang terlihat kurang sehat, lebih baik menghindar," pinta Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru