Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebakaran Lahan Pertanian Pascapanen Jadi Perhatian BPBD Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 September 2019 - 15:08 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kebakaran lahan di kawasan persawahan pascapanen menjadi perhatian Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Kapuas.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga, Sabtu, 14 September 2019.

Ia menuturkan, dalam beberapa pekan terakhir kebanyakan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kapuas terjadi di lahan pertanian masyarakat.

"Karena kondisinya kering pascapanen, ditambah sisa-sisa batang padi yang mengering itu mudah sekali terbakar. Jadi ini yang jadi perhatian kita juga," ucap Panahatan Sinaga.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, sejumlah wilayah yang masih dilanda karhutla di antaranya Kecamatan Basarang, Dadahup, dan sebagian Selat tepatnya di Kelurahan Panamas hingga Kapuas Timur.

"Tetapi tim terpadu karhutla terus melakukan penanganan agar api tidak meluas," katanya.

Selain itu, dia kembali mengingatkan masyarakat agar tidak membersihkan lahan pascapanen dengan cara membakar. Mengingat saat ini kondisi cuaca sedang kering atau kemarau. Sehingga rentan terjadinya kebakaran lahan.

"Kami harapkan masyarakat bisa memahami ini bersama-sama. Sehingga berperan dalam mencegah terjadinya karhutla," ucap dia. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru