Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KSOP Kumai Imbau Nahkoda Perhatikan Jarak Pandang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 14 September 2019 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walaupun kabut asap tidak terlalu berdampak pada transportasi laut, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengimbau agar nahkoda tetap memperhatikan jarak pandang selama berlayar.  

Kepala KSOP Kelas IV  Kumai Wahyu Prihanto, Sabtu, 14 September 2019 menjelaskan setiap hari pihaknya tetap memantau dan menginformasikan kondisi cuaca kepada kapal masuk maupun keluar di wilayah tugasnya.

"Informasi cuaca tersebut kita sampaikan kepada kapal terkait tempat tujuan pelabuhan yang akan dituju terhadap transportasi. Sehingga dalam perjalanannya kapal tersebut harus selalu memperhatikan perubahan-perubahan cuaca, khususnya  di sekitar Teluk Kumai," jelas Wahyu.

Terlebih, lanjut Wahyu, belakangan ini di Kobar mulai muncul kabut asap akibat karhutla.

"Kepada kapal yang masuk atau keluar kami berikan noted motif marine atau imbauan kepada kapal-kapal yang akan datang masuk ke teluk agar para nahkoda dan serta  nelayan memperhatikan jarak pandang," jelas Wahyu.

Selain itu, menurut Wahyu, pihaknya juga memberikan imbauan kepada kapal komersial dan kapal kargo yang  memiliki radar navigasi untuk mengaktifkan peralatan tersebut.

"Karena radar tersebut berfungsi untuk mengamati benda-benda di jalur pelayaran dalam perjalanan kapal tersebut masuk atau keluar Teluk Kumai, hingga pelabuhan tujuan," jelas Wahyu.

Wahyu menjelaskan, walaupun di beberapa tempat di Kobar terdapat kabut asap, terutama pagi hari, sementara ini aktivitas pelayaran masih berjalan dengan normal.

"Tentunya agar pelayaran berlangsung aman, kami mengimbau para nahkoda agar memperhatikan jarak pandang serta pengamatan keliling terhadap aktivitas pelayaran dijalur kapal tersebut berlayar," jelas Wahyu. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru