Ketua DPRD Palangka Raya Ingatkan Jaga Ideologi Bangsa saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 September 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto mengingatkan generasi muda terus menjaga ideologi bangsa. Ini disampaikan Sigit saat membuka sosialisasi 4 pilar MPR RI (Pancasila, UUD RI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) di gedung DPRD setempat, Minggu, 15 September 2019.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Gerakan Nasional Mahasiswa Indonesia atau GMNI. Selain dari GMNI dan para alumni, kegiatan itu juga diikuti pelajar, mahasiswa serta sejumlah organisasi kepemudaan.

"Ini adalah tugas kita bersama untuk menjaga dan merawat Indonesia dengan ideologi Pancasila," ucap Sigit. 

Ia menuturkan, ideologi tersebut harus melekat dalam setiap warga negara Indonesia. Tidak terkecuali di Kalteng. Apalagi, Kalteng memiliki falsafah Huma Betang. 

Jika tidak melekat, maka tidak menutupkemungkinan akan mudah dimanfaatkan dengan menggunakan metode konflik dalam mencapai tujuan. Oleh sebab itu, harus dicegah apabila ada seseorang yang berupaya menghilangkan ideologi itu. 

Sigit menambahkan, Kalteng memiliki beragam adat, suku, budaya dan agama. Namun, semua tetap rukun dalam bingkai NKRI. Untuk itu, lanjut dia, Kalteng yang juga sebagai bumi Pancasila harus benar-benar dirawat. 

Sementara itu, Ketua Alumni GMNI Kalteng Yusuf Roni mengatakan, kegiatan tersebut digelar supaya generasi muda lebih memahami 4 pilar kebangsaan. Ia juga menegaskan bahwa sebagai generasi bangsa, GMNI akan mengawal agar selalu terjaga dengan baik. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru