Bupati Pulang Pisau Instruksikan Puskesmas Sediakan Ruang Oksigen  

  • Oleh James Donny
  • 15 September 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menginstruksikan seluruh puskesmas di kabupaten ini menyediakan ruang oksigen.

Instruksi tersebut disampaikan  Bupati karena semakin menurunnya kualitas udara di Pulang Pisau akibat asap kebakaran hutan dan lahan. 

"Ini sebagai upaya kita dalam rangka mengantisipasi peningkatan kasus Ispa (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dan memerlukan layanan oksigen di seluruh puskesmas kita," katanya, Minggu, 15 September 2019. 

Edy meminta masing-masing puskesmas menyediakan 1 ruangan di puskesmas sebagai rumah oksigen. 

Demikian juga agar pelayanan berjalan dengan baik, Bupati minta pihak puskesmas juga memperhatikan masalah logistik. "Puskesmas dan pihak yang terkait juga untuk terus mengecek kesiapan logistik termasuk oksigen sehingga pelayanan dapat dilakukan secara berkesinambungan," pintanya. 

Bupati intruksikan pelayanan segera, untuk membuka layanan rumah oksigen tersebut untuk masyarakat yang memerlukan pelayanan pada bencana kabut asap ini. 

"Bila ditemukan kasus ispa berat yang memerlukan rujukan, kami imbau agar dapat dan dengan segera dirujuk ke rumah sakit umum Pulang Pisau untuk penanganan lebih lanjut," tegasnya. (JAMES DONNY/B-5)

Berita Terbaru