DPRD Kotim: Perhatikan Ketersediaan Oksigen di Puskesmas dan Rumah Sakit

  • Oleh Naco
  • 15 September 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotim atau Kotawarigin Timur Muhammad Rudini Darwan Ali mengingatkan agar persiapan oksigen di setiap puskemas hingga rumah sakit diperhatikan oleh Pemkab Kotim. 

Pemkab harus antisipasi dan segera siapkan oksigen di setiap layanan kesehatan karena kondisi asap kian memburuk dan membahayakan dari hari ke hari.

"Kita bisa lihat kondisi asap semakin pekat dan darurat bercampur debu dan ini sudah ditegaskan BMKG dalam katagori berbahaya," kata Rudini, Minggu, 15 September 2019.

Ia menilai kondisi asap sekarang ini tidak menutup kemungkinan akan banyak masyarakat yang terserah penyakit pernapasan. 

"Bahkan bagi mereka yang terkena penyakit  asma  berpotensi berbahaya. Sehingga perlunnya kesiapan setiap puskemas hingga rumah sakit umum untuk peralatan dan pelayanan kesehatan," tegasnya.

Rudini juga mendorong agar  pemerintah dengan kejadian ini  meprogramkan rumah oksigen. Pasalnya sudah terjadi beberapa kali musim asap begini ternyata pemerintah belum membangun sarana tersebut.

Kabut asap ini kata dia sudah jadi bencana tahunan makanya seharusnya sudah sejak lama diprogramkan rumah oksigen, dan ini harus jadi catatan bagi Pemkab Kotim kedepannya agar jangan ditunda-tunda lagi pembangunannya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru