Polres Kobar Bentuk UKL Tangani Karhutla

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 September 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kobar membentuk personel unit kecil lengkap atau UKL dalam menangani pemadaman kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Arie Zulkarnain mengatakan, dalam penanggulangan Karhutla khususnya unutk di wilayah Kobar, membentuk UKL yang terdiri dari 8 UKL.

"Dalam penanganan Karhutla kita masih melaksanakan sesuai arahan dari bapak Kapolda Kalteng, dalam pelaksanaannya ada dua yaitu pada saat terang dan gelap, jadi ada 8 UKL" ujarnya, Senin, 16 September 2019.

Ia menjelaskan, adapuan pembagian jam personil UKL, 5 UKL di siagakan dari pagi, siang sampai sore. Kemudian 3 UKL disiagakan di malam hari, sekitar pukul 19.00 - 24.00 WIB.

Adapun tujuannya adalah pertama untuk pemadaman, kedua giat malam itu patroli Karhutla, dan pada saat melihat api yang kecil - kecil langsumg di padamkan.

"Diadakannya petroli untuk mencegah jika ada yang melakukan pembakara di malam hari dan bantu pemadaman," ungkapnya.

AKBP Arie Zulkarnain menyampaikan kendala dilapangan adalah beberapa tempat yang memang ketersediaan airnya terbatas. Sehingga harus bekerjasama dengan Damkar maupu BPBD, jadi mememrlukan waktu yang cukup lama sehingga penyebaran api meluas. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru