Terpapar Kabut Asap, Warga Palangka Raya Banjiri Rumah Oksigen RSUD Doris Sylvanus

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 16 September 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kondisi kabut asap yang semakin memburuk di Kota Palangka Raya karena kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) membuat warga berbondong-bondong mendatangi rumah oksigen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dokter Doris Sylvanus, Senin 16 September 2019 hingga malam.

Pantauan borneonews.co.id sekitar 2 jam situasi rumah oksigen di RSUD Doris Sylvanus silih berganti didatangi warga yang mau mendapatkan udara segar.

Ada anak-anak, orang dewasa maupun beberapa ibu hamil. Kedatangan para pasien yang menjadi korban paparan asap tebal di Kota Cantik ini dilayani para petugas dengan semangat.

Bahkan beberapa kali terlihat Direktur RSUD Doris Sylvanus Yayuk Indryati ikut melayani. Salah satu pasien yang berstatus mahasiswa disalah universitas di Palangka Raya terlihat lemas saat hendak memasuki rumah oksigen.

Pria yang bernama Ahmad ini ditopang oleh kedua temannya karena sangat lemas badannya. Saat ditanyai wartawan, mahasiswa semester 3 ini mengakui kepala pusing, sesak napas, dan sangat perih matanya.

"Mataku perih sekali. Lalu pusing dan sesak napas. Sudah lemas badanku ini," ujar Ahmad sambil ditopangi oleh kedua temannya.

Sampai berita ini diturunkan masih ada puluhan orang yang berada di rumah oksigen dan terus mendapat perawatan dari petugas medis. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru