Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Sekda Pulang Pisau Lepas Tim Lomba Keluarga Sadar Hukum

  • Oleh James Donny
  • 16 September 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Plt SekdaPulang Pisau, Saripudin secara resmi melepas Tim Lomba Keluarga Sadar Hukum atau Kadarkum untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. 

Dalam pelepasan tersebut Plt Sekda sekaligus membuka Uji Kemampuan Tim Lomba Kadarkum yang digelar di aula Mess Pemkab Pulang Pisau, Senin, 16 September 2019.

Saripudin mengatakan pembangunan hukum sebagai bagian integral dari sistem pembangunan nasional. Serta secara strategis merupakan landasan hukum dan menjadi perekat bidang pembangunan lainnya. 

"Penyuluhan hukum merupakan faktor integratif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang dituangkan dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945," katanya. 

Menurutnya pelaksanaan pembangunan hukum harus dilakukan secara konprehensif mencakup substansi hukum, kelembagaan hukum dan budaya hukum serta dibarengi dengan penegakan hukum, dengan tetap menjujung tinggi hak asasi manusia.

"Dengan demikian aktualisasi fungsi hukum sebagai sarana dan wahana pembangunan instrumen penyelesaiaan masalah secara adil, serta sebagai pengatur prilaku masyarakat untuk menghormati hukum dapat tercapai," terangnya. 

Keluarga sadar hukum ,erupakan wadah yang berfungsi untuk menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri, berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya.

Salah satu cara dalam pembinaan kadarkum adalah melalui lomba desa keluarga sadar hukum yang akan dilaksanakan beberapa saat lagi di tingkat provinsi. 

"Saat ini kita memberikan motivasi dan semangat guna meningkatkan moralitas tim kadarkum yang akan bertanding mewakili Kabupaten Pulang Pisau pada Lomba Kadarkum di tingkat provinsi nanti," katanya. (JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru