Bupati Katingan Minta Unsur Lintas Agama Berdoa Minta Hujan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 September 2019 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas mengeluarkan surat edaran, meminta semua unsur lintas agama melaksanakan ibadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, untuk meminta hujan.

Hal itu termaktub dalam surat edaran Bupati Katingan, terkait kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan, serta memerhatikan indeks standar pencemaran udara sudah masuk dalam kategori berbahaya.

:Untuk itu, dalam rangka kebersamaan diinstruksikan kepada semua unsur agama masing-masing untuk beribadah dan berdoa memohon turun hujan," kata Sakariyas, Senin, 16 September 2019.

Pelaksanaan ibadah dan berdoa minta hujan ini diharapkan secara serentak pada hari Rabu, tanggal 18 September 2019, di masing-masing kecamatan, di Katingan.

Bupati juga meminta camat untuk berkoodinasi dengan masing-masing pemuka agama sebagaimana isi surat edaran terlampir.

Saat dikonfirmasi, Sakariyas membenarkan jika pihaknya telah mengeluarkan surat edaran terkait ibadah dan doa meminta hujan kepada Tuhan Yang Maha Esa itu.

Sementara itu, Camat Katingan Hilir, Karyadi, untuk umat Muslim di Kasongan ibadah salat minta hujan atau Istisqa akan digelar di Lapangan Gagah Lurus pada Rabu, pukul 08.00 WIB.

Sedangkan untuk agama lain seperti Kristen dan Hindu Kaharingan menyesuaikan beribadah di tempat ibadah masing-masing pada saat itu juga. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru