Pengunjung Museum Kayu Sampit Terus Meningkat Tiap Tahun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 16 September 2019 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pengunjung Museum Kayu Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan ada pengunjung dari luar daerah dan wisatawan asing. 

"Alhamdulillah ada peningkatan pengunjung Museum Kayu setiap tahunnya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotim Fajrurrahman, Senin, 16 September 2019. 

Dia menjelaskan, pada 2016 lalu, jumlah pengunjung dalam setahun hanya 700 orang. Namun mengalami kenaikan pada 2017, yakni menjadi 1.689 orang. Dan pada 2018 kembali mengalami meningkat menjadi 2.300 orang. 

Jumlah tersebut akan menjadi acuan untuk pengembangan Museum Kayu Sampit sebagai salah satu wisata edukasi. Diharapkan, jumlah pengunjung semakin meningkat. 

"Kami akan terus berupaya untuk mengembangkan Museum Kayu ini, karena ini merupakan wisata edukasi di Sampit," kata Fajrurrahman. 

Dinas Pariwisata menargetkan pada 2019 ini, jumlah kunjungan ke Museum Kayu mencapai 3.500 orang. Selain itu, untuk menarik minat pengunjung pihaknya juga akan terus menambah koleksi barang. Terutama jenis-jenis kayu khas Kalimantan dan Kotim. 

"Saat ini sudah ada lebih dari 100 jenis koleksi barang di Museum Kayu Sampit. Itu akan terus kami tambah nantinya," terang Fajrurrahman. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru