Karang Taruna Sebagai Motor Penggerak Perubahan Sosial Masyarakat Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 16 September 2019 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Masdulhaq mengatakan keberadaan Karang Taruna sebagai motor penggerak perubahan sosial di lingkungan masyarakat.

Untuk itu Karang Taruna perlu meningkatkan kualitas kelembagaan, sehingga pada gilirannya bisa membina generasi muda secara efektif dan efisien, khususnya dalam usaha yang mendukung laju percepatan pembangunan.

“Salah satunya mengembangkan potensi keterampilan yang ada di daerah kecamatan sampai dengan desa atau kelurahan,” terang Masdulhaq saat membuka Rakerda Karang Taruna, Senin 16 September 2019.

Dikatakan, dengan bangkitnya kembali organisasi tertua Karang Taruna di Barito Utara, maka pemkab menyambut baik diselenggarakannya rapat kerja daerah ini. Yakni sebagai wahana evaluasi terhadap program kerja baik itu keberhasilan, kegagalan, kelemahan, hambatan dan tantangan kinerja.

“Tidak dipungkiri keberadaan Karang Taruna ini memiliki peranan penting dalam mendukung dan bersinergi dengan program pembangunan. Ini terbukti dengan program yang dimiliki yang bersentuhan dengan masyarakat,” ujarnya.

Dia mengatakan membangun daerah dengan tulang punggung generasi muda melalui organisasi nasional seperti Karang Taruna harus mandiri dan memiliki kemampuan yang aktif dan menonjol untuk pembangunan daerah. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru