Gubernur Kalteng Kunjungi BPBD Kapuas Pantau Posko Satgas Karhutla

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 September 2019 - 11:04 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Kapuas mendapat kunjungan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Selasa, 17 September 2019 dini hari. Kedatangan Gubernur untuk memantau Posko Satgas Karhutla.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengungkapkan, Gubernur dalam kunjungan tersebut mengecek kesiapan peralatan, sarana dan prasarana penanggulangan karhutla di posko yang terletak di area kantor BPBD Kapuas.

"Iya, tengah malam hingga dini hari tadi Pak Gubernur Kalteng kunjungan ke Posko Satgas Karhutla. Menginventarisasi peralatan yang dimiliki," ujar Panahatan Sinaga kepada wartawan, Selasa, 17 September 2019.

"Gubernur rencana mendukung peralatan mesin yang kapasitasnya lebih besar, dan bisa menjangkau hingga 5 kilometer," lanjut dia.

Sinaga menuturkan bahwa tanggapan Gubernur Kalteng bagus dalam penanganan karhutla di wilayah Kabupaten Kapuas, dan asap kurang pada saat berkunjung ke sini.

"Kabupaten Kapuas termasuk kejadian karhutlanya kecil dibanding daerah lain," tuturnya.

Selain itu, dia menegaskan akan terus mengupayakan melakukan penanggulangan karhutla ini, terutama di daerah-daerah rawan, agar tidak meluas. Sehingga bisa menimbulkan kabut asap.

"Tentunya seperti posko lapang dan lainnya terus kita siagakan," tegasnya. (DODI RIZKIANSYAH/ADV/B-3)

Berita Terbaru