Kabut Asap Tidak Pengaruhi Jadwal Keberangkatan Kapal di Sungai Mentaya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 September 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabut asap yang menyelimuti Sungai Mentaya tidak memengaruhi keberangkatan kapal penumpang dan roro di Pelabuhan Sampit. Sejauh ini, belum ada kapal yang tertunda berangkat imbas kabut asap.

"Alhamdulillah tidak ada penundaan keberangkatan kapal barang atau penumpang di tengah kondisi kabut asap," kata Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit, Thomas Chandra, Selasa, 17 September 2019.

Dia menerangkan, kabut asap pekat memang tidak bisa dipungkiri mengganggu jarak pandang nahkoda kapal. Namun pihaknya masih bisa menggunakan radar untuk navigasi. Begitu juga dengan kapal tandu yang bisa membawa kapal melaju sesuai alur.

"Peralatan kapal sudah lengkap, meskipun kabut asap pekat di Sungai Mentaya, kapal masih bisa sandar dan berangkat tepat waktu," kata Thomas.

Yang saat ini terganggu kemungkinan kapal atau perahu tradisional kecil. Karena masih menggunakan jarak pandang untuk mengemudikan perahu mereka. Hal itu harus disikapi dengan kehati-hatian, agar tidak mengalami kecelakaan air.

"Saya imbau seluruh motoris dan nahkoda kapal kecil agar selalu waspada saat kabut asap pekat. Bahkan kalau bisa menahan diri dulu untuk berlayar, atau jika terpaksa maka kurangi kecepatan agar tidak terjadi kecelakaan," terang Thomas. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru