Dinas Perhubungan Kapuas Usulkan Rancangan Perbup Alur Sungai untuk Tingkatkan PAD

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 September 2019 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas mengusulkan Rancangan Peraturan Bupati atau Perbup tentang alur sungai, guna menggali potensi dan meningkatkan PAD melalui retribusi.

Kepala Dinas Perhubungan Kapuas, Vitrianson mengatakan, karena sejauh ini masih belum ada regulasi alur sungai tersebut. Padahal wilayah Kapuas ini memiliki potensi, karena lalu lintas air cukup banyak.

"Kami sudah membuat rancangan perbup alur sungai ini, dan saat ini sedang diusulkan. Muudah-mudahan tahun ini ditandatangani Bupati Kapuas," kata Vitrianson di sela peringatan Hari Perhubungan Nasional, Selasa, 17 September 2019.

"Setelah itu, akan segera kami konsultasikan ke Bagian Hukum Setda Kapuas dan Biro Hukum Setda Provinsi Kalteng," lanjutnya.

Dia menyebutkan bahwa alur sungai di Kabupaten Kapuas ada yang menjadi jalur lalu lintas utama berbagai jenis kapal, baik itu tongkang dan kapal angkutan lainnya.

"Perbup alur ini sangat penting bagi kami karena terkait bagaimana mengamankan alur yang ada, lalu juga untuk meningkatkan PAD dari alur agar bermanfaat," tuturnya.

Selain itu, berkaitan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional, dirinya berharap insan perhubungan dapat terus berkontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya Kabupaten Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru