Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Komering Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Apresiasi Warga Bantu Padamkan Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 September 2019 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengapresiasi warga Desa Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau yang ikut membantu mencegah dan memadamkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

Gubernur juga nampak melakukan dialog dengan warga setempat yang tergabung dalam masyarakat peduli api pada Selasa, 17 September 2019. Salah satu yang dibahas yakni berkaitan dengan kendala di lapangan.

Kedatangan gubernur bersama rombongan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten setempat untuk meninjau terjadinya karhutla di wilayah tersebut. 

Sebelumnya, gubernur juga mengecek RSUD Kabupaten Pulang Pisau, personel pemadam kebakaran dan meninjau sumur bor di Desa Mentaren I, Kahayan Hilir.

Gubernur juga telah mengeluarkan surat edaran imbauan dalam mengantisipasi dampak asap di Kalteng. Berikut isinya sebagaimana mengutip MMCKalteng. 

Pertama, dalam kondisi ISPU yang cukup tinggi diharapkan agar masyarakat dapat menjaga kesehatan.

Kedua, sedapat mungkin hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah atau gedung, terutama bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan, ibu hamil dan anak sekolah.

Ketiga, jika terpaksa pergi ke luar rumah atau gedung maka sebaiknya menggunakan masker.

Keempat, minumlah air putih lebih banyak dan lebih sering.

Kelima, bagi yang telah mempunyai gangguan paru dan jantung sebelumnya, mintalah nasihat dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lain.

Berita Terbaru