Buaya Muncul di Sungai Mentaya Sekitar Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 September 2019 - 01:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Buaya kembali muncul di Sungai Mentaya. Kali ini satwa dilindungi tersebut menampakan diri di tengah sungai, tepatnya di depan Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, pada Senin, 17 September 2019. 

Kemunculan buaya tersebut sempat direkam oleh motoris perahu kelotok yang melayani penyeberangan Sampit-Seranau. Bahkan diunggah di media sosial hingga menjadi perhatian natizen. 

"Benar kemarin seorang motoris kelotok melihat kemunculan buaya kembali di Sungai Mentaya, depan PPM Sampit," ujar Komandan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah, Selasa, 17 September 2019. 

Kemunculan buaya tersebutpun menjadi perhatian pihaknya. Bahkan hari ini mereka langsung melakukan pengecekan ke lokasi munculnya buaya tersebut, dengan ditemani motoris kelotok yang sempat mengabadikan kemunculan buaya tersebut. 

"Kami sudah menemui motoris kelotok yang memvidio kemunculan buaya tersebut, atas nama Ijan, diapun menunjukan kepada kami lokasi kemunculan buaya tersebut," kata Muriansyah. 

Dari hasil pengecekan, diduga kuat hewan tersebut benar adalah buaya muara. Dengan panjang sekitar 1 meter. Hewan tersebut muncul sekitar 200 meter dari dermaga PPM Sampit. 

Setelah mendapati hal tersebut, pihaknyapun langsung memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar agar selalu berhati-hati saat beraktivitas di sungai. Usahakan jangan sampai mandi pada pagi, sore, dan malam hari. Karena saat waktu tersebut, buaya semakin mengganas. 

"Kami sudah berikan imbauan, dan mudah-mudahan buaya tersebut tidak menyerang ataupun melukai masyarakat daerah ini," harap Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru