Warga Kabupaten Katingan Serentak Gelar Ibadah dan Doa Bersama Minta Hujan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 September 2019 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ribuan warga Kabupaten Katingan, Rabu, 18 September 2019 pagi, serentak melaksanakan ibadah dan doa meminta diturunkan hujan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Di Kasongan dan Kereng Pangi, pelaksanaan ibadah dan doa minta ditunkannya hujan itu berlangsung di sejumlah tempat.

Di Lapangan Gagah Lurus Kasongan misalnya, umat muslim melaksanakan salat istisqa dengan imam H Mahzumi yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUi Kabupaten Katingan.

Sedangkan selaku khatib adalah M Amir Syarifudin, Ketua Pengadilan Agama Kasongan.

Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang juga ikut salat istisqa di Lapangan Gagah Lurus Kasongan ini.

Sementara itu, Bupati Katingan Sakariyas melaksanakan ibadah di Gereja Hapakat Kasongan bersama ratusan umat nasrani lainnya.

Sedangkan di Kereng Pangi, pelaksanaan ibadah dan doa minta hujan dipusatkan di halaman Mapolres Katingan. Selain umat muslim, ikut pelaksanaan ibadah dan doa minta hujan di halaman Mapolres ini juga dari warga yang beragama Kristen, Katolik, dan Hinda.

Dari pantauan borneonews.co.id udara di Kabupaten Katingan sejak pagi tadi hingga saat ini tampak lebih cerah dibanding hari sebelumnya meski kabut asap masih tampak menyelimuti Kasongan dan sekitarnya.

Bupati Katingan, Sakariyas meminta kepada warga di daerahnya untuk tidak membakar hutan dan lahan. Pasalnya, jika hutan dan lahan terutama yang berada di lahan yang bergambut maka akan sangat sulit untuk dipadamkan.

Sementara itu, Wakil Bupai Sunardi Litang meminta kepada pihak Polres Katingan memproses hukum sesuai ketentuan berlaku terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru