Sudah Ratusan Hektare Hutan dan Lahan Terbakar di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 18 September 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Luas lahan yang terbakar di Kabupaten Sukamara selama Januari hingga September 2019 tercatat lebih dari ratusan hektare.

"Untuk luasan lahan yang terbakar ini sudah lebih raturan hektare," ucap Bupati Sukamara Windu Subagio, Sabtu, 18 September 2019.

Menurut Bupati, sejauh ini belum ada data akurat mengenai luas lahan yang terbakar dan lokasi kebakaran yang  masih terjadi. Sehingga hutan dan lahan yang terbakar terus bertambah.

"Untuk angka persisnya belum ada, yang jelas memang sudah ratusan hektare," tuturnya.

Sebelumnya, DLH Sukamara telah mencatar seluas 273 hektare lahan telah terbakar selama Agustus 2019. Lahan terbakar terbanyak berada di Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai.

"Untuk data Agustus ada 273 hektare lahan yang terbakar," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukamara Rendy Lesmana.

Lahan tersebut sudah mencakup seluruh kawasan yang ada di Sukamara. Yang mana kebanyakan lahan yang terbakar adalah gambut dengan lokasi di Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Sukamara.

"Yang banyak itu wilayah gambut. Di Sukamara juga ada seperti Kelurahan Pandang, Kelurahan Mendawai, Desa Pudu, dan Desa Natai Sedawak," ujar Rendy. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru