Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DSPMD Barito Selatan Mulai Lipat Surat Suara Pilkades Serentak

  • Oleh Uriutu
  • 18 September 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DSPMD Barito Selatan mulai melipat surat suara pemilihan kepala desa serentak pada Oktober 2019 mendatang.

Sekretaris DSPMD Barsel, Haitami mengatakan, dari 86 desa yang ada di wilayah Barsel sebanyak 62 desa yang melaksanakan Pilkades serentak, sementara sisanya 24 desa masa jabatan kadesnya masih belum berakhir.

Saat ini, lanjut dia, tahapan pelaksanaan Pilkades serentak sudah masuk pada tahap pelipatan surat suara.

“Kita sedang melakukan pelipatan surat suara sesuai dengan jadwal dan tahapannya,” kata Haitami kepada Borneonews, Rabu, 18 September 2019.

Ia membeberkan, surat suara yang sudah masuk ke pihaknya sebanyak 20 desa dengan jumlah surat suara sebanyak 13.988. Sementara sore ini surat suara dari 15 desa akan masuk lagi dari percetakan dari Palangka Raya.

Artinya, lanjut dia, untuk hari ini sampai sore nanti sebanyak 35 desa surat suaranya telah masuk dan dilakukan pelipatan. Sementara  27 desa menunggu proses percetakan surat suara.

“Kita optimis sesuai jadwal bahwa 30 September 2019 pelipatan ini sudah selesai dan siap didistribusikan ke tiap desa yang melaksanakan Pilkades serentak,” ucap dia.

Ia menjelaskan, untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT dari  62 desa ini sebanyak 44.659 ditambah surat  suara cadangan 768 jadi jumlah semua DPT 45.427.

Selama pelipatan ini, lanjut dia, belum ditemukan surat suara yang rusak. Hanya saja, ada salahsatu desa yang kurang 10 lembar surat suaranya.

“Namun kekurangan tersebut telah kita tambah sehingga semuanya lengkap,” jelas dia. (URIUTU DJAPER/B-2).

Berita Terbaru