Orangutan Jantan Dewasa Sering Terlihat di Kebun Nanas Dusun 3 Desa Tanjung Terantang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 September 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Orangutan jantan dewasa sering terlihat melintas di dekat kebun nanas warga yang berlokasi di Jalan Pendulangan  RT 8, Dusun 3, Desa Tanjung Terantang ,Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Warga menduga, sarang orangutan jantan dewasa itu ada di sekitar lokasi tersebut. 

Wira, pemilik kebun dan kolam ikan yang melihat keberadaan orangutan tersebut, Rabu, 18 September 2019 sekitar pukul 09.00 WIB mengatakan, primata tersebut sudah beberapa kali muncul dan melintasi di area kebunnya.

"Lantaran saya juga menanam nanas, orangutan tersebut sering datang dan mengambil nanas untuk dimakan. Setelah mendapatkan beberapa buah nanas, ia langsung menghilang ke arah semak belukar yang berlokasi di seberang  jalan pondok kebun saya," jelas Wira.

Menurut Wira, ini sudah ke sekian kali orangutan jantan dewasa yang sudah memiliki cipet di bagian pipinya tersebut muncul di sekitar kebun miliknya.

"Dari awal kemunculannya beberapa bulan lalu, saya sudah menghubungi petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun BKSDA Kalteng. Lantaran jauhnya jarak kebun saya dari kantor mereka, ketika petugas datang, orangutan tersebut sudah menghilang," jelas Wira.

Menurut Wira, petugas BKSDA berpesan bila orangutan tersebut muncul, ia diminta untuk memantau pergerakan primata tersebut.

"Tapi gimana saya bisa memantau pergerakannya selama menunggu petugas datang. Orangutan tersebut kalau bergerak lumayan cepat. Lagi pula ia selalu pergi ke lokasi semak belukar yang tebal. Bisa saja ada ular di tempat tersebut. Daripada saya yang celaka, maka kalau sudah masuk hutan, ya  tidak saya ikuti lagi," jelas Wira.

Terpisah, staf SKW II BKSDA Pangkalan Bun Muda Yulivan menjelaskan, pihaknya juga sudah mendapatkan laporan kemunculan orangutan itu.

"Akibat jauhnya lokasi kemunculan orangutan tersebut, bila ada laporan kemunculannya kami harap pemilik kebun bisa melakukan pemantauan sebisanya, sebelum kami tiba di lokasi. Tujuannya agar kami bisa mengetahui kira-kira dimana posisinya berada," jelas Muda. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru