Personel Polres Kapuas Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Handil Mambulau

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 September 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Personel Polres Kapuas bersama tim terpadu Karhutla kabupaten kembali berjibaku memadamkan kebakaran lahan di Handil Mambulau, Kecamatan Kapuas Hilir.

Akses jalan menuju lokasi terbakarnya lahan tersebut hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda tiga saja. Dan alat pemadam hanya bisa masuk 1 unit saja, sehingga sempat kesulitan proses penanggulangan api.

Kabag Ops Polres Kapuas AKP Iqbal Sengaji mengatakan bahwa pihaknya terus siaga dan stand by, untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Terutama agar area terbakar tidak meluas lebih jauh lagi.

"Iya, personel dan tim terpadu telah melakukan pemadaman di Handil Mambulau Kecamatan Kapuas Hilir," ucap AKP Iqbal Sengaji kepada wartawan, Rabu, 18 September 2019.

"Lahan yang terbakar itu berupa batang tanaman padi yang telah selesai di panen oleh warga pemilik lahan," lanjutnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan kendala yang dihadapi di lapangan yaitu sulitnya unit pemadam kebakaran untuk memasuki lokasi, serta keterbatasan alat untuk memadamkan api.

"Bahkan di musim kemarau ini juga untuk sumber air untuk memadamkan api sulit dijangkau," kata Iqbal.

Untuk itulah dia berharap peran aktif masyarakat dalam mencegah dan tidak melakukan pembakaran terhadap lahan. "Sehingga tidak terjadinya karhutla," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru