Gubernur Kalteng Tegaskan Jangan Saling Menyalahkan dalam Menangani Karhutla di Bumi Tambun Bungai

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 September 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menegaskan tidak perlu saling menyalahkan dalam menangani karhutla yang terjadi di Bumi Tambun Bungai ini. 

"Tidak ada yang perlu disalahkan. Sebetulnya kita sama-sama salah. Jadi perlu kesadaran manusianya kembali," kata gubernur Kalteng, Rabu, 18 September 2019.

"Yang sekarang perlu adalah bagaimana memadamkan api. Jadi tidak perlu menyalahkan baik pemerintah pusat maupun daerah," imbuhnya.

Ia juga berharap kepada Presiden Jokowi supaya kepala daerah diberikan tanggung jawab penuh dalam menangani Karhutla. Tentunya juga harus didukung dengan anggaran dalam penanggulangan yang langsung diturunkan ke provinsi tanpa melalui badan terkait. 

Sementara itu, sampai sejauh ini, gubernur menyebut bahwa pemerintah terus berupaya memaksimalkan penanggulangan meskipun dengan peralatan terbatas.

Di sisi lain, pemerintah juga menyiapkan ruang oksigen untuk masyarakat atau siapa saja yang terdampak kabut asap akibat Karhutla. Tidak hanya itu, gubernur juga mengharapkan dukungan semua pihak untuk bahu membahu mencegah dan menanggulangi Karhutla. (BUDI YULIANTO/ADV/B-2)

Berita Terbaru